Senin, 23 Desember 2013

METODE PENYULUHAN KEHUTANAN

B.      METODE PENYULUHAN
1.         Bimbingan Pribadi 
Bimbingan pribadi adalah bimbingan belajar terencana dari seorang fasilitatator kepada seseorang (sasaran) dengan cara mendatangi rumah sasaran atau tempat usahanya agar orang yang dibimbing menyadari, tahu, mau dan mampu memecahkan permasalahan yang dihadapinya.
2.         Ceramah
Ceramah adalah penyampaian informsi/gagasan/fakta kapada peserta didik yang jumlahnya cukup banyak dalam waktu yang relatif singkat.
3.         Tanya Jawab
Tanya Jawab merupakan interaksi antara fasilitator dengan peserta didik untuk lebih memberikan pengertian dan pemahaman.
4.         Diskusi Kelompok
Diskusi Kelompok adalah proses pertukaran pikiran, pengalaman, pendapat dan perasaan secara bersama-sama.
5.         Bernain Peran 
Bermain Peran (Role Playing) adalah Metode yang dilaksanakan dengan cara memainkan peranan - peranan situasi yang sebenarnya yang berhubungan dengan suatu kegiatan.
6.         Bermain Bisnis
Bermain bisnis (Business Game) adalah Metode belajar dengan cara penyerahan tugas kepada peserta didik dalam bentuk memerankan kegiatan perusahaan / organisasi untuk melihat potensi para peserta sebagai seorang manager.
7.         Studi Kasus
Studi Kasus adalah suatu cara pemecahan masalah berdasarkan pengalaman dan pengetahuan para peserta.
8.         Metode Latihan 
Latihan adalah suatu proses belajar dengan melatih secara teratur, berulang-ulang dan terus menerus sampai pada pemahaman yang sebenarnya.
9.         Sekolah Lapang
Sekolah Lapang adalah model latihan yang diselenggarakan langsung di lokasi usaha masyarakat binaan, selama satu musim atau lebih dengan frekuensi pertemuan diparalelkan dengan jadwal kunjungan penyuluh.
Masyarakat binaan belajar mengamati, menghayati dan menganalisis kondisi lingkungan tempat usaha, sehingga mereka dapat mengidentifikasi permasalahan yang ada, bermusyawarah untuk merumuskan alternatif pemecahannya dan menyepakatinya untuk dilaksanakan secara bersama-sama.
10.       Kursus 
Kursus adalah proses belajar-mengajar yang diselenggarakan secara sistematis dengan kurikulum tertentu dan dalam jangka waktu tertentu
11.       Penataran dan Loka Karya 
Penataran adalah proses kegiatan belajar dengan pemberian materi berupa informasi, pengetahuan dan pengalaman baru. 
Loka karya adalah suatu kegiatan untuk mengembangkan kemampuan individual dalam suatu bidang tertentu.
Penataran dan Loka Karya merupakan perpaduan dari dua metode tersebut di atas, setelah peserta didik diberi pembekalan informasi, pengetahuan dan pengalaman baru selanjutnya peserta didik diberikan permasalahan yang harus ditinjau dan dibahas bersama oleh peserta di bawah bimbingan tenaga ahli. Hasil pemecahan masalah merupakan kesepakatan peserta yang dimiliki bersama.
12.       Penyuluhan Partisipatif 
Penyuluhan Partisipatif adalah proses pembelajaran yang melibatkan berbagai pihak (stakeholders) yang dimulai dari proses identifikasi kebutuhan, identifikasi permasalahan dan potensi, perumusan tujuan dan merumuskan langkah-langkah untuk mencapai tujuan.
13.       Metode Laboratorium
Metode Laboratorium adalah metode belajar dengan cata mempelajari terlebih dahulu suatu masalah / teori yang selanjutnya dilakukan kegiatan uji coba (eksperimen).
14.       Temu Lapang
Temu Lapang adalah pertemuan antara masyarakat binaan dengan peneliti di lapangan (lokasi penelitian) untuk menyampaikan informasi hasil penelitian dan membahas umpan balik dari masyarakat binaan.
15.       Temu Wicara 
Temu Wicara adalah pertemuan antara masyarakat binaan dengan pemerintah untuk membahas kebijakan pemerintah dan kegiatan yang diharapkan masyarakat.
16.       Temu Karya
Temu Karya adalah pertemuan antar masyarakat binaan untuk bertukar pikiran dan pengalaman, serta saling mengajarkan keterampilan
17.       Temu Usaha
Temu Usaha adalah pertemuan antara masyarakat pelaku bisnis dengan pengusaha untuk mempromosikan produk hasil usaha, meningkatkan gairah usaha, menjalin kerja sama usaha, penyaluran informasi pasar serta peningkatan pengetahuan di bidang penanganan panen dan pasca panen.
18.       Mimbar Saresehan
Mimbar saresehan adalah forum komunikasi antara para tokoh binaan dengan pihak pemerintah secara periodik dan berkesinambungan mengenai pelaksanaan program pemerintah dan kegiatan masyarakat binaan.
19.       Demonstrasi 
Metode Demonstrasi merupakan metode penyuluhan di lapangan untuk memperlihatkan secara nyata tentang “cara” dan atau “hasil “ penerapan teknologi yang telah terbukti menguntungkan.
Ragam metode domonstrasi antara lain :
• Demonstrasi perorangan (Demplot)
• Demonstrasi berkelompok (Demfarm)
• Demonstrasi gabungan kelompok (Demarea)
20.       Kaji Terap
Kaji Terap adalah metode penyuluhan untuk meningkatkan kemampuan sasaran (tokoh-tokoh dalam kelompok binaan) dalam memilih paket teknologi yang direkomendasikan tetapi belum didemonstrasikan.
21.       Karya Wisata
Karya Wisata adalah kegiatan perjalanan secara bersama-sama untuk mempraktekan hasil pengajaran atau melakukan suatu karya yang bermanfaat di tempat yang dituju.
22.       Widya Wisata
Widya Wisata adalah kegiatan perjalanan secara bersama-sama untuk belajar dengan melihat suatu penerapan teknologi dan hasilnya atau melihat akibat tidak diterapkannya teknologi di suatu tempat.
23.       Magang
Magang adalah proses belajar dengan cara melarutkan diri, melihat, mendengar, meraba dan mengerjakan sendiri dalam hal kebiasaan dan keterampilan tertentu pada seseorang / lembaga yang sudah bisa dan biasa mengerjakan pekerjaan tersebut 
24.       Pameran 
Pameran adalah usaha untuk memperlihatkan atau mempertunjukkan model, contoh, barang, peta, grafik, gambar, poster, benda hidup dan sebagainya secara sistematis pada suatu tempat tertentu untuk menarik perhatian, menggugah hati, membangkitkan keinginan dan meyakinkan pengunjung.
25.       Siaran Melalui Radio / Televisi
Siaran melalui radio / televisi merupakan upaya penyebaran informasi dan pengetahuan dengan jumlah sasaran (kelompok pendengar) sebanyak-banyaknya
26.       Perlombaan / Unjuk Ketangkasan
Perlombaan Kelompok / Unjuk Ketangkasan adalah suatu kegiatan untuk menumbuhkan persaingan yang sehat antar peserta lomba melalui pencapaian prestasi dengan aturan tertentu 
27.       Pemberian Penghargaan
Pemberian penghargaan merupakan upaya untuk meningkatkan gairah dan prestasi dengan cara memberikan tanda ucapan terima kasih atas jasa-jasa dan prestasi yang dicapai oleh penerima penghargaan.
28.       Penempelan Poster
Penempelan poster merupakan metode penyuluhan dengan cara penempelan sebuah gambar dengan sedikit kata-kata yang dicetak pada sehelai kertas dengan ukuran minimal 45 x 60 cm, ditempelkan pada tempat-tempat yang sering dilalui orang atau tempat berkumpul.
29.       Penyebaran Brosur, Folder, Leaflet, News Letter dan Majalah.
 Penyebaran Brosur, Folder, Leaflet dan Majalah adalah upaya untuk mempublikasikan informasi kepada sasaran pada saat tertentu.
30.       Kampanye
Kampanye adalah salah satu Metode mempertemukan masyarakat binaan yang jumlahnya cukup banyak dengan juru kampanye dalam waktu yang relatif singkat, materi yang disampaikan bersifat tunggal dan penting untuk segera dipecahkan 
31.       Metode Penyuluhan Jarak Jauh Perorangan
Metode penyuluhan jarak jauh adalah metode penyuluhan yang dilakukan secara tertulis, terhadap seseorang tanpa bimbingan langsung secara tatap muka / tanpa kehadiran fasilitator.
D.        Dasar-dasar Pertimbangan Pemilihan Metode Penyuluhan
Berdasarkan jumlah sasarannya dapat ditentukan pilihan metode sebagai berikut :
·         Bila sasarannya bersifat perorangan, maka metode penyuluhan yang dapat dipilih adalah bimbingan pribadi, magang dan penyuluhan jarak jauh perorangan.
·         Bila sasarannya bersifat kelompok, maka metode penyuluhan yang dapat dipilih antara lain perlombaan / uji ketangkasan, percontohan/demonstrasi/peragaan, bermain peran, bussiness game, studi kasus, kaji terap, kursus, sekolah lapang, latihan, penataran dan lokakarya, diskusi, tanya jawab, temu wicara, temu karya, temu usaha, temu lapang, widya wisata, Karya Wisata, penyuluhan partisipatif.
·     Bila sasarannya bersifat massal, maka metode penyuluhan yang dapat dipilih antara lain ceramah, pameran, siaran melalui radio/TV, penempelan poster, penyebaran brosur, folder, leaflet, majalah dan news letter, kampanye.
Selain memperhatikan jumlah sasarannya, pemilihan metoda penyuluhan perlu juga mempertimbangkan :
• Tingkat pengetahuan, keterampilan dan sikap sasaran
• Sosial Budaya
• Kemampuan Penyuluh
- Penguasaan teknologi terapan
- Penguasaan Administrasi dan manajemen penyuluhan
- Kecakapan komunikasi
• Materi Penyuluhan
• Sarana dan Biaya Penyuluhan
• Musim
• Keadaan Usahatani
• Keadaan Lapangan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar