Minggu, 10 November 2013

Makalah Arang

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR  
DAFTAR ISI  
I. PENDAHULUAN
II. PEMBAHASAN
2.1  Pengertian Arang
2.2  Jenis-Jenis Arang
2.3  Mesin Pembuat Arang
2.4  Proses Pembuatan Arang
2.5  Manfaat Dan Kegunaan Arang
III. PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA









KATA PENGANTAR
Alhamdulillahi Rabbil Alamin Wassalatu Wassalamu ala’ Asrafil Anbiya’i Walmursalin Sayyaidina Muhammadin Wa’ala Alihi Wassahbihi Ajmain Amma Ba’du.
Dengan nama Allah yang maha pengasih dan maha penyayang. Segala puji dan syukur bagi Allah swt yang dengan ridho-Nya kita dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan  lancar. Sholawat dan salam  tetap kami haturkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad saw dan untuk para keluarga, sahabat dan pengikut-pengikutnya yang setia mendampingi beliau. Terima kasih kepada keluarga, dosen mata kuliah Hasil Hutan Non Kayu, dan teman-teman yang terlibat dalam pembuatan makalah ini sehingga makalah yang berjudul ”ARANG ini dapat selesai.
Makalah  ini tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan. Sehingga kami mengharapkan saran dan kritikan yang bersifat konstruktif sehingga makalah ini dapat lebih baik lagi dikemudian hari. Mudah-mudahan keberadaan makalah ini dapat menambah ilmu pengetahuan kita semua, amin.

.



I. PENDAHULUAN
Sejak sebelum Masehi, sejak manusia mengenal logam, manusia sudah menggunakan arang untuk mendukung perkembangan teknologi. Hal ini bisa kita rujuk dari kisah-kisah para nabi. Dokumen lain yang mendukung argumen tentang andil arang dalam perkembangan teknologi yaitu pada masa feodal sekitar tahun 400 setelah Masehi.
Dalam teknologi masak-memasak, arang juga sudah menjadi bagian penting sejak manusia mengenal menu panggangan. Tidak bisa disebutkan sejak kapan manusia mengenal masakan barbeque dan sate, atau menu panggangan yang lain. Menu panggangan lebih layak dan mempunyai citarasa tersendiri bila dimasak di atas arang, meskipun masih memungkinkan dimasak di atas kompor gas atau minyak tanah atau mungkin kayu bakar, namun yang saya ketahui sejak jaman dulu menu panggang selalu menggunakan arang.
Memasuki masa industri, arang masih turut dalam perkembangan teknologi meskipun akhirnya digantikan dengan batu bara. Permulaan masa industri lebih banyak menggunakan arang sebagai energi untuk menggerakkan mesin. Bahkan sampai diperkenalkannya kendaraan mobil, arang juga masih turut ambil bagian dalam perkembangan teknologi manusia. Ford merancang mobilnya menggunakan bahan bakar arang. Bahkan sampai tahun 1930-an Jepang menggunakan teknologi otomotifnya dengan sumber tenaga arang .

II. PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Arang
    Arang adalah residu hitam berisi karbon tidak murni yang dihasilkan dengan menghilangkan kandungan air dan komponen volatil dari hewan atau tumbuhan. Arang umumnya didapatkan dengan memanaskan kayu, gula, tulang, dan benda lain. Arang yang hitam, ringan, mudah hancur, dan meyerupai batu bara ini terdiri dari 85% sampai 98% karbon, sisanya adalahabu atau benda kimia lainnya.
2.2 Jenis-Jenis Arang
Arang terdiri dari beberapa jenis antara lain:
Arang kayu
Arang kayu adalah arang yang terbuat dari bahan dasar kayu. Arang kayu paling banyak digunakan untuk keperluan memasak seperti yang dijelaskan sebelumnya. Sedangkan penggunaan arang kayu yang lainnya adalah sebagai penjernih air, penggunaan dalam bidang kesehatan, dan masih banyak lagi. Bahan kayu yang digunakan untuk dibuat arang kayu adalah kayu yang masih sehat, dalam hal ini kayu belun membusuk.
Arang serbuk gergaji
    Arang serbuk gergaji adalah arang yang terbuat dari serbuk gergaji yang dibakar. Serbuk gergaji biasanya mudah didapat ditempat-tempat penggergajian atau tempat pengrajin kayu. serbuk gergaji adalah bahan sisa produksi yang jarang dimanfaatkan lagi oleh pemilknya. Sehingga harganya bisa terbilang murah. selain dapat untuk bahan bakar, arang serbuk gergaji biasanya dimanfaatkan untuk campuran pupuk dan dapat diolah menjadi briket arang.
Arang sekam padi
Arang sekam padi biasa digunakan sebagai pupuk dan bahan baku briket arang. Sekam yang digunakan bisa diperoleh ditempat penggilingan padi. Selain digunakan untuk arang, sekam padi juga sering dijadikan bekatul untuk pekan ternak. Arang sekam juga bisa digunakan sebagai campuran pupuk dan media tanam di persemaian. Hal ini karena sekam padi memiliki kemampuan untuk menyerap dan menyimpan air sebagai cadangan makanan.
Arang tempurung kelapa
          Arang tempurumg kelapa adalah arang yang berbahan dasar tempurung kelapa. Pemanfaatan arang tempurung kelapa ini ternasuk cukup strategis sebagai sektor usaha. Hal ini karena jarang masyarakat yang memanfaatkan tempurung kelapanya. Selain dimanfaatkan dengan dibakar langsung, tempurung kelapa dapat dijadikan sabagai bahan dasar briket arang. Tempurung kelapa yang akan dijadikan arang harus dari kelapa yang sudah tua, karena lebih padat dan kandungan airnya lebih sedikit dibandingkan dari kelapa yang masih muda. Harga jual arang tempurung kelapa terbilang cukup tinggi. Karena selain berkualitas tinggi, untuk mendapatkan tempurung kelapanya juga terbilang sulit dan harganya cukup mahal.

Arang serasah
       Arang serasah adalah arang yang terbuat dari serasah atau sampah dedaunan. Bila dibandingkan dengan bahan arang lain, serasah termasuk bahan yang paling mudah didapat. Arang serasah juga bisa dijadikan briket arang, karena mudah dihancurkan. Arang dari sampah dedaunan ini adalah hasil penelitian dari Usman (26), guru SMAN 17 Palembang, Sumatera Selatan. Beliau adalah lulusan sarjana Biologi dari Universitas Sri-Wajaya. Bapak Usman merupakan salah satu dari 10 peraih penghargaan dalam bidang pendidikan sains. Saat itu beliau berfikir bahwa arang dapat terbuat dari berbagai bahan. Salah satunya yang belum pernah ada ialah dari sampah-sampah dedaunan.
Briket arang
       Jenis arang yang terakhir dan sudah banyak terdapat dimasyarakat adalah Briket Arang. Briket arang adalah arang yang terbuat dari arang jenis lain yang dihaluskan terlebih dahulu kemudian dicetak sesuai kebutuhan dengan campuran tepung kanji. Tujuan pembuatan briket arang adalah untuk menambah jangka waktu bakar dan untuk menghemat biaya. Arang yang sering dijadikan briket arang diantaranya adalah arang sekam, arang serbuk gergaji, dan arang serasah. Arang- arang tersebut terlalu kecil untuk digunakan langsung dan akan cepat habis. Sehingga akan lebih awet jika diubah menjadi briket arang. Untuk arang tempurung kelapa dapat dijadikan briket arang, tetapi hanya tempurung yang sudah remuk. Sedangkan tempurung yang masih utuh tidak perlu dijadikan briket arang.
Arang kulit buah mahoni
Arang kulit buah mahoni adalah arang dengan bahan dasar kulit buah mahoni. Bila dilihat secara kasat mata, kulit buah mahoni memiliki tekstur yang keras dan padat. Sayang jika hanya dibiarkan tertumpuk disekitar halaman. Arang kulit buah mahoni diproses menggunakan tungku drum, sama halnya dengan arang kayu. arang jenis ini juga dapat diolah menjadi briket arang. Arang yang dihasilkan dari kulit buah mahoni juga terbukti memiliki kualitas yang cukup baik. Jika dibakar hanya mengeluarkan sedikit asap. Nilai kalor yang dihasilkan saat dibakar sangat tinggi dan lebih tahan lama sehingga dapat menghemat biaya pengeluaran. Arang kulit buah mahoni ini memang terdengar baru. Akan tetapi melihat kualitas arang yang dihasilkan, arang ini pasti akan banyak diminati dan dibutuhkan oleh masyarakat luas. Hal ini juga dapat dijadikan alternative produksi bagi para wirausaha arang.









2.3 Mesin Pembuat Arang

2.3.1 Mesin Penghancur bahan arang



Nah lihat kan bentuknya mesin atau alat ini, dia berfungsi untuk menghancurkan atau membubukan bahan, baik dari kayu ataupun batok kelapa yang tentu saja sudah bikin kecil-kecil.

2.3.2  Mesin Pencampur bahan Arang



Dari namanya sudah bisa ditebak, bahwa alat ini adalah pembuat adonan dari proses diatas, yaitu pencampuran antara bubuk bahan arang atau Briket dengan tepung kanji yang berfungsi sebagai perekat.



2.3.3 Mesin Cetak arang / Briket



Setelah dicampur dimesin pencampur, lalu proses selanjutnya adonan dimasukan ke mesin cetak dengan bentuk dan tentu juga ukurannya sesuai keinginan.

2.3.4 Mesin Oven Arang / Briket

             
Nah mesin inilah yang akan memproses menjadi arang siap jual, dengan mesin ini arang yang sudah dibentuk oleh mesin cetak akan dikeringkan dengan pemanas menggunakan LPG, mesin ini berkafasitas 0,5 dan 1 ton.


2.4 Proses Pembuatan Arang 
2.4.1 Proses Pembuatan Arang Kayu



  Susun kayu yang kering menyerupai piramida (masing-masing kayu posisinya berdiri) sehingga pangasapan/ karbonasi bisa merata dan memudahkan perambatan panas. Kayu bakar sebaiknya yang benar-benar kering, sehingga menghasilkan arang yang berkualitas (proses karbonisasi sempurna hingga ke bagian dalam kayu).

 

  Bungkus/ tutupi tumpukan kayu bakar tadi dengan jerami atau sampah yang telah kering hingga menutupi seluruh tumpukan kayu. Akan lebih bagus lagi bisa di tambah dengan oli bekas untuk mempercepat perambatan panas.



  Tutup/ timbun dengan pasir atau tanah tumpukan kayu yang telah dibungkus jerami atau sampah kering tadi. Sisakan bagian atas dan bagian bawah jangan sampai tertutup rapat. Tanah atau pasir yang digunakan sebaiknya yang lembab dengan cara disemprot air terlebih dahulu.



  Bakar jerami atau sampah pembungkus kayu bakar tadi, mulai dari atas (yang tidak tertutup). Tunggu sampai api sudah mencapai bagian tangah sampah yang membungkus kayu tadi.


      

  Tutupi/ timbun dengan pasir bagian atas tumpukan kayu tadi yang tidak tertutup pasir sedikit-demi sedikit hingga nyala api mati dan asap tetap mengepul. Buatlah lobang di bagian bawah dari tumpukan pasir tadi sebanyak sekitar 5 lobang berkeliling.




  Tutupi dengan pasir hingga tertutup semua agak tebal, jika api/asap padam, kurangi tutup yang diatas, tambahi sampah kering atau jerami lagi, bakar lagi dan tutupi sedikit demi sedikit.Tunggu antar 2 hingga 3 hari sambil dikontrol apakah asapnya masih terus mengepul. Setelah 3 hari biasanya sudah bisa dibongkar.






  Arang sudah siap digunakan atau dijual. Sebelum dikemas, sebaiknya seleksi dulu, karena biasanya tidak semua kayu akan terkarbonasi dengan sempurna dan angin-anginkan dulu atau jemur jika perlu. Kayu yang belum sempurna jadi arang bisa di jadikan bahan baku pembuatan arang berikutnya.
2.4.2 Proses Pembuatan Arang Tempurung
Siapkan Drum bekas oli,usahakan yang dari pertamina dikarenakan lebih tebal dan awet dari yang lain, pake tungku juga boleh.
Drumnya dapat di lubangi sisi-sisinya diameter 5cm. tapi siapkan juga penutup lubang angin tersebut.
Setelah tempat pembakaran di siapkan, masukkan sampah ato plastik pada dasar drum, lalu bakar sampai api membesar lalu masukkan setengah karung batok kelapa secara merata, lakukan penambahan batok kelapa secara bertahap, skitar 30-1jam sekali. jangan sampai mengeluarkan API, yang keluar hanya asap tebal 
setelah sampai penuh pada sore hari, siapkan karung goni basah, plat peunutup drum,tali pengikat terbuat dari ban dalam bekas,tutuplah semua sisi secara benar-benar rapat. jangan sampai ada sedikitpun celah udara walaupun sebesar batang rokok.  jadi arang batok kelapa tidak disiram air.
Bukalah drum pada esok harinya, siapkan alas dari seng untuk mengangin-anginkan arang yang sudah matang, sortir arang yang matang, pisahkan dengan yang belum matang.pastikan arang tidak ada yang panas/ mengeluarkan asap, pastikan tidak ada bara yang menyala. lalu di ayak pake kawat jaring-jaring ( yang biasa di pake oleh pekerja penyaring kerikil), ayakan ini untuk memisahkan dari sampah dan debu sabut kelapa. sehingga menghasilkan kualitas arang yang bagus 
Packing arang yang sudah di ayak, pastikan kembali tidak ada arang yang membara. setelah di masukkan dalam karung cek kembali dengan meraba sisi-sisi karung apabila menemukan karung yang hangat, segera pisahkan dan bongkar karung tersebut.

2.5 Manfaat Dan Kegunaan Arang
Meskipun masyarakat dunia telah  menggunakan arang kayu sejak ribuan tahun, kegunaannya lebih banyak dikonsumsi untuk bahan bakar memasak. Karena perkembangan teknologi yang memanfaatkan sumber gas alam, listrik dan bensin untuk bahan bakar, sehingga tingkat konsumsi masyarakat terhadap arang semakin berkurang. Bahkan, akhir-akhir ini volume permintaan arang kayu di pasaran dalam dan luar negeri semakin menurun karena masyarakat sudah banyak yang beralih kepada bahan bakar migas dan energi listrik.
Setelah diabaikan selama beberapa tahun terakhir, kini arang kayu mulai menarik perhatian setelah munculnya penemuan baru yang menyatakan produk arang tersebut banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia. Kemajuan teknologi modern telah mengangkat tingkat produktivitas ilmu pengetahuan untuk meneliti manfaat arang bagi kepentingan manusia dengan aneka kegunaannya.
Manfaat lain dari arang antara lain :
Manfaat arang untuk Pembakaran

Batu arang lazim dipakai untuk membakar makanan di luar ruangan dan pada saat berkemah. Di beberapa negara Afrika, arang digunakan oleh sebagian besar masyarakat sebagai alat memasak sehari-hari.
Manfaat arang untuk Seni Rupa

Arang digunakan dalam seni rupa seperti pensil atau krayon Arang memiliki sifat lembut, ringan, hitam, dan sekaligus mudah patah. Media ini sangat disenangi pelukis dalam membuat sketsa sebab sketsa yang dihasilkan sangat jelas, 
Manfaat arang untuk Kesehatan
Hasil penelitian di Jepang menyebutkan, komoditi arang yang mengandung karbon itu dapat diolah menjadi berbagai produk rumah tangga yang berkhasiat bagi kesehatan. Di samping digunakan untuk bahan campuran pakaian, produk kerajinan dan pertanian.

III. PENUTUP

Berdasarkan hasil makalah ini dapa disimpulkan bahwa Arang adalah residu hitam berisi karbon tidak murni yang dihasilkan dengan menghilangkan kandungan air dan komponen volatil dari hewan atau tumbuhan. Arang umumnya didapatkan dengan memanaskan kayu, gula, tulang, dan benda lain. Arang yang hitam, ringan, mudah hancur, dan meyerupai batu bara ini terdiri dari 85% sampai 98% karbon, sisanya adalah abu atau benda kimia lainnya. 
Arang terdiri dari beberapa jenis seperti arang kayu , arang serbuk gergaji, arang sekam padi , arang tempurung kelapa, arang serasah , briket arang , dan arang kulit buah mahoni. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar